Benny Sampirwanto : Kami Siap Dukung Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Akomodasi Komoditas Lokal

Benny Sampirwanto : Kami Siap Dukung Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Akomodasi Komoditas Lokal
Pjs Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto (sebelah kiri)

Trenggalek - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Trenggalek, Benny Sampirwanto m berikan dukungan penuh terkait kebijakan pemerintah pusat tentang penyaluran bantuan pangan non tunai mengakomodasi produksi lokal.

Menurut Benny, ekonomi lokal dapat tergerak karena komoditas yang dihasilkan  bisa terserap untuk bantuan pangan non tunai.

" Kami siap dukung kebijakan dari pusat, " ucapnya, Rabu (21/10/2020).

Benny mengatakan jika bantuan pangan non tunai sedang dirapatkan dengan maksud bisa menyatukan presepsi  dan saling mendukung.Sehingga bantuan yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi bisa lancar sesuai target yang direncanakan.

Lulusan terbaik Universitas Jember tahun 1989 ini menuturkan, bantuan ini sebenarnya  erpakan bantuan yang dahulunya bernama Raskin yang kemudian menjadi beras masyarakat pra sejahtera (Rastra)."Sejak pandemi Covid - 19 berlangsung berganti nama menjadi bantuan pangan non tunai, " tegasnya.

Diakuinya, ada mekanisme baru dalam pendistribusiannya, yaitu dulunya disalurkan oleh Perum Bulog kini menjadi tidak wajib.Artinya ada peluang pelaku ekonomi lokal membantu pemerintah dalam penyedian bantuan ini.

Sementara itu, Kadinsos P3A Kabupaten Trenggalek, dr.Ratna Sulistyowati menjelaskan, ada sekitar 304 ribu jiwa penerima manfaat bantuan pangan non tunai dengan mekanisme baru, tidak harus dari Bulog tapi bisa dengan pemenuhan produksi lokal.

Masih menurut Ratna, perbedaan lainnya tidak hanya  karbohidrat namun juga pemenuhan protein dengan mengoptimalkan potensi lokal.

"Tim koordinasi tidak hanya tingkat Kabupaten, melainkan sampai tingkat kecamatan dan desa sebagai pelaksana, " cetusnya.

Selanjutnya, Kapolres Trenggalek mengingatkan bahwasannya Marwah yang dititipkan presiden  dalam program ini bantuan diperuntukkan  kepada masyarakat yang benar - benar terdampak agar bisa mengurangi beban hidup akibat himpitan ekonomi karena pandemi Covid - 19.

"Kita hanya mengawal bantuan agar tepat sasaran, " jelasnya(ags).