Komisi IV DPRD Trenggalek Harapkan Progres Disperinaker Outcame Berpihak Pada Masyarakat

Komisi IV DPRD Trenggalek Harapkan Progres Disperinaker Outcame  Berpihak Pada Masyarakat
Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek Mugianto (tengah) saat memimpin rapat kerja komisi

Trenggalek - Komisi IV DPRD Trenggalek mempertanyakan terkait progres dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinak) Kabupaten Trenggalek tentang pelatihan kerja yang dianggap belum bisa berdampak secara signifikan atau lebih berpihak kepada masyarakat.

Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek Mugianto mengatakan, program pelatihan kerja di Disperinaker seharusnya lebih punya outcame lebih berpihak kepada masyarakat.

"Idealnya harus ada dampak positif jangka panjang.Jadi tidak hanya berkutat pada eksekutor, " terang Kang Obeng, sapaan akrabnya, Senin (14/9/2020).

Politisi Partai Demokrat ini menyarankan kepada Disperinaker untuk membuat progres yanh jelas dari tahun ke tahun.

Ini artinya, masih lanjut Kang Obeng program atau rencana yang dibuat itu harus bisa berdampak positif atau lebih memihak kepada masyarakat Trenggalek pasca mendapat pelatihan agar bisa digunakan untuk usaha mandiri atau bekerja pada sebuah perusahaan.

"Pelatihan yang dibuat itu harus diperhitungkan juga tentang manfaat apa yang akan didapat oleh masyarakat dan bisa dimanfaatkan hasilnya, " katanya.

Untuk itu kedepan perencanaan yang dibuat harus betul - betul matang dengan mengedepankan asas manfaat karena semua kegiatan itu juga bersumber dari uang rakyat.

Ditegaskanya, pelatihan - pelatihan yang dimaksud pada dasarnya untuk menekan angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru atau mendorong kemandirian.

"Setidaknya setelah ikut pelatihan selain mendapat bekal ilmu juga bisa dijadikan sarana untuk bekerja atau berusaha mandiri, " tutupnya (ags).