Pelatihan Wartawan Mitra KPw BI Kediri 2020 Hadirkan Helmy Yahya

Pelatihan Wartawan Mitra KPw BI Kediri 2020 Hadirkan Helmy Yahya
Rizal Moelyana selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri saat membuka pelatihan bersama wartawan melalui daring

KOTA KEDIRI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kediri menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Wartawan Mitra KPwBI Kediri tahun 2020, menghadirkan nara sumber Helmy Yahya, Jum'at (16/10/2020) secara daring. 

Rizal Moelyana selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Kediri menyampaikan, bahwa Kegiatan pelatihan wartawan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan untuk meningkatkan skill dan menambah wawasan wartawan mitra kerja sehingga akan bermanfaat dalam mendukung profesinya sebagai penyampai berita.

"Selain itu, dengan pelatihan yang diselenggarakan ini, dapat menjaga komunikasi dan koordinasi yang lebih erat antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dengan awak media," ucapnya.

Rizal menambahkan, bahwa Pelatihan yang akan diikuti sekira 41 wartawan ini akan mengambil topik kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber seorang entrepreneur yang juga lama berkecimpung di dunia pers dan pertelevisian, Helmy Yahya.

Pemilihan topik ini tak lepas dari kondisi pandemi covid-19 yang memaksa masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, tak terkecuali wartawan. 

Helmy Yahya yang pernah menjadi Direktur Utama TVRI ini menjadi salah influencer yang aktif mengajak semua orang untuk dapat berfikir positif selama masa kerja di rumah atau work from home, waktu luang yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap produktif yakni dengan membangun bisnis dari rumah atau home entrepreneur. 

"Pelatihan ini bukan bermaksud untuk mengarahkan wartawan meninggalkan profesi utamanya sebagai penyampai berita, namun lebih sebagai upaya menambah wawasan wartawan yang pastinya bermanfaat pada pelaksanaan tugasnya dalam menulis berita," tutur Rizal.

Semakin banyaknya waktu di rumah bersama keluarga yang dimiliki selama pandemi yang terjadi sekarang ini, awak media bisa mencoba memulai membangun bisnis dari rumah bersama keluarga. 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri secara rutin menyelenggarakan pelatihan wartawan setiap tahunnya. Tahun sebelumnya pelatihan wartawan mitra KPwBI Kediri di laksanakan di Jakarta. 

Pada pelatihan tahun lalu awak media berkesempatan melihat langsung keberadaan Museum Bank Indonesia dan proses pencetakan uang rupiah di Perum PERURI. 

Kondisi pandemi sekarang ini membatasi aktivitas secara fisik, namun hal ini tidak mengurangi semangat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri untuk terus berupaya memberikan pelatihan wartawan tahun 2020, untuk itu pelatihan kali ini dilaksanakan secara daring. 

Sementara itu, Helmy Yahya selaku nara sumber dalam menyampaikan pelatihan kepada teman-teman wartawan tentang wirausaha dengan tidak meninggalkan profesi mencari berita, sudah banyak yang disampaikan tip-tip dan kiat-kiat khusus meskipun, ditengah pandemi covid-19 dunia media cetak, media elektronik terdampak.

Menariknya lagi, ada sesi tanya jawab dari teman-teman wartawan sangat bagus sekali dan dijawab habis oleh Helmy Yahya. Namun, karena keterbatasan waktu dalam acara pelatihan kali ini, bisa disambung melalui IG, You Tube dan medsos milik Helmy Yahya.

Helmy berpesan kepada seluruh teman-teman wartawan untuk tetap semangat dan jangan menyerah. "Di akhir acara pelatihan ini ada 3  peserta beruntung dan terpilih menjadi penanya terbaik dari teman-teman media. Yakni, Ayu dari RRI, Andika dari Transmedia dan Budi Sutrisno dari Dhoho TV," tutup Helmy. (prijo)