Polresta Kediri Berhasil Tangkap 4 Pencuri Relief Makam Bong Cina

Polresta Kediri Berhasil Tangkap 4 Pencuri Relief Makam Bong Cina
Polresta Kediri berhasil menangkap 4 pelaku aksi pencurian relief makam bong cina Kel Pojok Kec Mojoroto Kota Kediri

KOTA KEDIRI - Polresta Kediri berhasil menangkap 4 orang tersangka aksi pencurian spesialis fragmen relief di area makam Bong China Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Keempat tersangka diamankan di Mako Polresta Kediri dengan inisial, IS warga Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, TH warga Jombang, AC warga Jombang dan KM warga Gedangan Sidoarjo serta inisial SR yang masih dalam pengejaran petugas.

Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana mengatakan, berdasarkan laporan warga berinsial TK warga Kota Kediri, yang merupakan keluarga korban yang dimakamkan di Bong Cina mengaku kehilangan relief, yang kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Kediri.

"Setelah mendapat laporan Tim Satreskrim Polresta Kediri melakukan upaya penyelidikan, Sabtu (24/10/2020) berhasil mengamankan 4 tersangka dan serta barang bukti 15 relief dari makam Bong Cina di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri," terangnya, Selasa (27/10/2020) pagi.

Foto : Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana didampingi Kasubbag Humas Polresta Kediri AKP Kamsudi melihat barang bukti relief didalam truck

AKBP Miko menjelaskan bahwa hasil dari pemeriksaan tersangka mendapatkan pesanan dari seseorang untuk mencarikan relief makam. Tersangka selama bulan Oktober sudah melakukan pencurian sebanyak tiga kali.

Pencurian sebelumnya, para pelaku berhasil mencuri 10 relief, dan 2 patung singa dan selanjutnya aksi ketiga berhasil mencuri sebanyak 15 relief. Dari pengakuan tersangka dua patung  singa sudah dijual di luar Kota Kediri. Dari satu relief dijual dengan harga Rp 400 ribu.

"Penangkapan empat pelaku beserta sejumlah barang bukti, bermula dari  terkait pencurian  dan 1 orang masih dalam pengejaran petugas mengungkap aksi pencurian relief yang berada di makam Bong Cina Kecamatan Mojoroto Kota Kediri," bebernya.

Kapolresta Kediri menambahkan, pihaknya saat ini masih mendalami satu pelaku yang melarikan diri sebagai kolektor barang relif atau hanya karena tuntutan ekonomi saja.

Selain relief hasil curian yang diamankan sebagai barang bukti, STNK, uang tunai dan 1 unit truk bernomor polisi S 8970 ND untuk mengangkut relif hasil curian.

"Keempat tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman hukuman 5 Tahun Penjara," ungkapnya.