Viral Penampakan Buaya Tim BPBD Kota Kediri Respon Cepat Menyisir Sungai Brantas

Viral Penampakan Buaya Tim BPBD Kota Kediri Respon Cepat Menyisir Sungai Brantas
Tim BPBD Kota Kediri bersama dua wartawan Kediri Muji dan Ubay menyisir sungai brantas dari ujung Selatan hingga ke Utara

KOTA KEDIRI - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri bergerak cepat melakukan mitigasi setelah kemarin, viralnya video penampakan seekor buaya di aliran Sungai Brantas, Kota Kediri, Jawa Timur.

"Tim BPBD Kota Kediri menerjunkan tiga personel yang menyisir aliran Sungai Brantas, mulai dari Selatan ke Utara. Sempat viral video penampakan buaya tersebut berada di depan Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Kota Kediri," kata Adi Sutrisno selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Kamis (1/10/2020).

Adi menjelaskan, dari hasil penelusuran sejak pagi hingga siang ini bersama tim BPBD Kota Kediri, belum dapat menemukan adanya penampakan buaya yang terlihat di video. Namun, BPBD Kota Kediri akan bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Reptil dan BKSDA Wilayah Kediri untuk menindaklanjuti penampakan buaya tersebut.

"Viralnya video penampakan buaya di media sosial, ukuran buaya ini sekitar 1,5 meter dan tergolong buaya usia dewasa. Lalu dari gerakannya saat di air, diperkirakan buaya ini habitatnya bukan berasal dari Sungai Brantas, tapi lebih pada buaya yang dilepas liarkan. Namun ini yang akan kami teliti lebih lanjut," katanya.

Dikatakan Adi bahwa sebelumnya pernah melakukan penangkapan satu ekor buaya pada tanggal 15 Februari 2020, di belakang Gedung Ramayana di Kelurahan Ringin anom, Kota Kediri.

"Satu ekor buaya tersebut yang berhasil ditangkap satu ekor langsung kami berikan kepada BKSDA Kediri untuk dikembalikan pada habitat aslinya. Tapi, kami juga dapat laporan dari relawan di sana bahwa muncul penampakan lagi dan jumlahnya 5 ekor buaya, dan ketika mau ditangkap, semuanya lari," kata Adi.

Sementara itu, viralnya video penampakan buaya dikatakan Mansur bahwa teman yang merekam gambar video penampakan buaya, pada Rabu (30/9/2020) sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, ia dan temannya sedang berjalan-jalan menikmati suasana di sekitar Bantaran Sungai Brantas Kota Kediri.

"Awalnya, saya bersama teman pada saat duduk di pinggiran Sungai Brantas ini,  saat mengambil foto-foto di sungai, ada yang bergerak. Ketika melihat ekornya, saya kira itu biawak, tapi setelah direkam dalam bentuk video, ternyata ukurannya besar dan dipastikan itu seekor buaya," katanya.

Pria warga Winongsari Wetan Kediri mengatakan, tidak merasa takut dengan penampakan buaya tersebut. Apalagi, menurutnya penampakan buaya di Sungai Brantas Kota Kediri sangat sering ditemui masyarakat setempat, pada malam hari.

"Kalau yang saya lihat Rabu malam (30/9), buaya ini berwarna coklat, bukan putih seperti yang ramai dibicarakan masyarakat," ungkapnya. (prijo)